You are currently viewing Sosialisasi Vaksin Rubella Antar Guru dan Petugas Puskesmas

Sosialisasi Vaksin Rubella Antar Guru dan Petugas Puskesmas

28 Juli 2017

Tentu saja kita pasti pernah mendengar penyakit baru yang disebut Rubella terutama dalam iklan di televisi, dan kemudian kita pasti dianjurkan untuk membawa anak kita untuk mengikuti kegiatan imunisasi supaya tidak terkena oleh virus ini. Namun, banyak orang yang justru tidak menanggapi dengan baik tentang virus ini bahkan mungkin menyepelekan.

Menyadari bahwa pentingnya kesehatan bagi anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa maka sekolah kami sangat merespond dengan baik dan mensupport adanya imunisasi Rubella di sekolah kami.

Sebelum kegiatan imunisasi berlangsung tentu saja pihak sekolah terutama guru-guru harus mengetahui tentang penyakit ini, karena itu kami mengadakan kegiatan Sosialisasi Measles-Rubella Vaccine antar pihak puskesmas dan pihak sekolah.

Sebenarnya, apa itu penyakit Rubella? apakah virus ini sama dengan Campak? seperti apa gejalanya? dan apa akibatnya jika seseorang terkena virus ini? apa sasaran kegiatan imunisasi vaksin Rubella ini?

Kami akan memberikan informasi dalam pembahasan ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Virus Rubella adalah virus yang dapat menular bahkan hanya dengan bersin atau batuk. virus ini berbeda dengan Campak, umumnya orang yang terkena virus Rubella ini akan mengalami gejala yang lebih ringan daripada gejala terkena virus campak. Seseorang yang terkena penyakit Rubella gejalanya ialah demam dan ruam ringan, namun 50% kasus Rubella tidak bergejala. Penyakit Rubella sangat berbahaya bagi janin, karena jika ibu hamil terkena virus tersebut janin dapat mengalami kelainan kongenital saat lahir bahkan dapat menyebabkan kematian atau keguguran. Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan orang yang terinfeksi virus Rubella, karena itu saasaran kegiatan imunisasi ini ialah untuk mencegah virus Rubella menyebar kepada orang lain.