You are currently viewing Field Trip-EKOWISATA MANGROVE PIK

Field Trip-EKOWISATA MANGROVE PIK

Field trip Sekolah Tanah Tingal kembali diadakan untuk me-refresh siswa disela sibuknya mengikuti pembelajaran akademik sekolah pada Semester Genap ini.

Kegiatan Field Trip yang dikaitkan dengan adanya pengetahuan mengenai kebudayaan lokal di Indonesia menjadikan Ekowisata Hutan Mangrove yang berlokasi di PIK (Pantai Indah Kapuk) Jakarta sebagai tujuan pilihan untuk menambah edukasi siswa.

Hutan mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita, diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang dapat mengikis pantai. Tumbuhan yang ditanam berfungsi dapat menahan air laut agar tidak mengikis tanah pada garis pantai.

Pentingnya dalam melestarikan budaya serta menjaga lingkugan untuk kestabilan ekosistem, maka melestarikan hutan bakau merupakan salah satu cara dan upaya yang dapat dilakukan.

Kegiatan edukasi penanaman pohon mangrove yang diadakan oleh sekolah merupakan tindakan nyata siswa – siswi dalam menjaga dan peduli terhadap lingkungan sekitar, dalam mendukung program pelestarian budaya dan peduli lingkungan.

Edukasi Ekowisata Hutan Mangrove dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 29 Maret 2022 yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 4, 5 dan 6 SD Tanah Tingal yang didampingi oleh guru-guru. Keberangkatan siswa pada pukul 06.00 wib, sebelumnya siswa berkumpul di lokasi sekolah untuk absensi.

Adapun edukasi yang didapat oleh siswa-siswi dalam mengikuti kegiatan ini yaitu mengenal berbagai macam spesies mangrove, dilanjut dengan kegiatan menanam tumbuhan bakau dipesisir pantai.

Untuk dapat menanam tumbuhan bakau, siswa-siswi butuh usaha yang lebih, salah satunya siswa harus bersedia turun ke dalam air yang kurang lebih memiliki kedalaman 1 meter. Wah, tantangan yang menarik, bukan!?

Tentu saja siswa-siswi Sekolah Tanah Tingal dengan gembira menerima tantangan tersebut, dan mereka semua membawa baju ganti yang sebelumnya telah dihimbau oleh Bapak/Ibu guru untuk dibawa.

Dari kegiatan ini siswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami cara untuk mencegah atau mengurangi abrasi di pantai pesisir, meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa mengenai tanaman mangrove, serta menumbuhkan sikap peduli lingkungan sesuai dengan visi dan misi Sekolah Tanah Tingal.

Nah, ini dia pengalaman baru yang dirasakan oleh siswa-siswi SD kelas 4, 5 dan 6 Sekolah Tanah Tingal. Seru dan menantang, kan!