You are currently viewing Fun Adventure Sekolah Tanah Tingal

Fun Adventure Sekolah Tanah Tingal

Kegiatan menjelajah memang kegiatan yang paling disenangi anak-anak, setuju?

Kegiatan di luar ruang (outdoor activity) merupakan salah satu alternatif yang dipilih untuk melepas rasa bosan dengan cara menikmati suasana di lingkungan sekitar.

Melakukan aktifitas di luar ruang akan menambah kesan dan pengalaman bagi para peserta didik terlebih apabila dilakukan dengan kegiatan yang menarik, menyenangkan ditambah dengan berbagai tantangan yang seru. Tentu anak-anak pasti semangat.

Fun Adventure, kegiatan yang diadakan oleh Sekolah Tanah Tingal untuk seluruh siswa dimulai dari siswa KB, TK, SD dan KKI. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun karakter pribadi yang kuat, cekatan, mandiri, bekerja sama, peduli serta peka terhadap lingkungan.

Adapun tujuan yang menjadi panutan diselenggarakannya Fun Adventure antara lain: memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur dan kemauan untuk menjaga serta melestarikan lingkungan, mengembangkan kemampuan diri untuk mengatasi tantangan yang dihadapi, serta membina kerjasama antar teman sekelompok maupun dengan alam.

Kegiatan ini diselengarakan selama dua hari dengan tahapan kelas yang berbeda. Di hari pertama pada tanggal 24 Maret 2022 kegiatan diikuti oleh siswa KB, TK, SD 1 dan KKI, dimulai dari pukul 07.30 – 21.00 WIB. Di hari kedua pada tanggal 25 Maret 2022 kegiatan diikuti oleh siswa Kelas 2 s/d 6 SD, dimulai dari pukul 07.30 – 21.30 WIB.

Dengan sirkulasi udara yang kaya akan oksigen dan lokasi yang luas, siswa dapat mengikuti kegiatan di alam yang terbuka dengan leluasa dan bebas.

Petualangan’pun di mulai!

Siswa diajarkan serta dibimbing oleh kakak mentor dan guru pendamping mengenai bagaimana memasang tenda dengan cara yang benar dari awal sampai akhir. Tenda yang didirikan oleh siswa akan menjadi rumah sehari bagi siswa untuk berteduh, beristirahat, dan makan bersama.

Untuk melengkapi kebutuhan petualangan anak, kakak mentor memberikan sebuah “Buku Petualangan” kepada setiap anak. Buku tersebut berisikan tentang cerita petualangan mereka, benda apa saja yang mereka temukan dan yang berhasil mereka amati, seperti apa ciri khas dan bentuknya (misal ; daun), berbagai teka teki petualangan, hingga kesan dan pesan mengikuti kegiatan Fun Adventure.

Adapun petualangan yang dilakukan oleh siswa antara lain ; Nature Treasure Hunt – melakukan pengamatan di lingkungan sekolah dan danau, Little Expedition & Membuat Rumah Serangga, Kegiatan di area Danau Tanah Tingal – seluruh siswa akan menaiki perahu karet yang berlokasi di danau dengan bimbingan para mentor dan guru pendamping, simulasi memasak menggunakan Nesting – alat memasak yang digunakan untuk berkemah, dan api unggun dimana siswa menyaksikan pertunjukkan yang disiapkan oleh panitia yang diiringi dengan bernyanyi bersama untuk menutup kegiatan Fun Adventure.