You are currently viewing “Perjalanan Biji Kedelai Menjadi Tempe” – Field Trip SD Tanah Tingal

“Perjalanan Biji Kedelai Menjadi Tempe” – Field Trip SD Tanah Tingal

Siapakah penggemar tempe disini?? Ayo unjuk tanganmu

Sebagai orang Inodesia kita semua pasti pernah makan menu yang satu ini, entah itu tempe goreng, tempe bacem, dan berbagai varian tempe lainnya. Apalagi sekarang ini, banyak orang bereksperimen membuat berbagai olahan tempe sebagai bahan dasar utamanya.

Adik-adik pasti pernah melihat Bunda yang sedang sibuk di dapur menyajikan makanan di rumah dengan menggunakan menu utama tempe kan? dan pasti adik-adik juga menjadi pencicip masakan tempe ala Bunda.

Namun, apakah adik-adik tahu bagaimana tempe dibuat? seperti apa caranya? dan bahannya dari apa saja ya?
Nah, semua pertanyaan tersebut terjawab dalam kegiatan Field Trip yang diselenggarakan di sekolah kami, yaitu SD Tanah Tingal pada hari selasa, 25 Mei 2021.

Setiap tahunnya SD Tanah Tingal selalu mengadakan kegiatan Field Trip, dimana kegiatan tersebut menjadi wadah anak untuk refreshing sekaligus belajar dan observasi langsung. Mengunjungi dan mengenal tempat-tempat yang belum pernah disinggahi siswa, mengambil sebuah pelajaran atau informasi dari kegiatan tersebut.

Dalam suasana pandemi yang terjadi saat ini, pihak sekolah memutuskan untuk mengadakan Field Trip secara virtual dan terlaksanalah kegiatan Field Trip Virtual dengan tema “Rumah Sehat Rumah Super : Perjalanan Biji Kedelai Menjadi Tempe”.
Kegiatan Field Trip diawali dengan menyimak video asal-usul tempe yang dilanjut dengan sedikit pemberian pemaparan tentang tempe dari guru PIC, kegiatan terakhir yaitu kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh siswa.. Mulai mengeksekusi kacang kedelai sampai menjadi tempe ^^
Oh iya, sebelum hari H kegiatan Field Trip kacang kedelai dan bahan-bahan untuk membuat tempe tentunya sudah didistribusikan kepada siswa dengan cara drive thru di sekolah, jadi saat kegiatan field trip berlangsung siswa masing-masing sudah memiliki kacang kedelai di rumahnya yang siap di proses bersama Ayah atau Bunda yang mendampingi.
Okey, lanjut proses perjalanan biji kedelai menjadi tempe. Proses pembuatan biji kedelai di bimbing langsung oleh pakarnya, siswa di rumah di arahkan step-by-step cara mengolah biji kedelai tersebut dengan perlahan secara bersama-sama. Siswa juga diberi pengetahuan dan penjelasan agar tempe yang di produksi menjadi tempe sehat juga lezat.

Akhirnya, setelah proses fermentasi beberapa hari, si kacang kedelai sudah menjadi tempe loh adik-adik ^^
Wah, asyik sekali ya Field Trip tahun ini, meski diadakan secara virtual tapi sangat bermanfaat dan menyenangkan..

Nah, itu dia kegiatan Field Trip yang dilakukan oleh sekolah kami di masa pandemi ini, bagaimana dengan kegiatan Field Tripmu? ^^