You are currently viewing Camping Skills Virtual SD Tanah Tingal

Camping Skills Virtual SD Tanah Tingal

Camping Skills merupakan kegiatan selanjutnya yang diselenggarakan oleh SD Tanah Tingal setelah kegiatan Field Trip beberapa waktu yang lalu.
Camping Skills diselenggarakan pada tanggal 5 Juni 2021, di hari Rabu.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengasah kemampuan siswa/i SD Tanah Tingal untuk survive saat berkegiatan di outdoor, terutama saat kegiatan perjusa atau pengembangan karakter yang biasa diselenggarakan oleh sekolah kami setiap tahunnya.

Kegiatan Camping Skills menekankan kemampuan siswa dalam membuat bivak dan menyalakan api dengan alat yang sederhana yaitu untuk pembuatan bivak bisa menggunakan bahan alam seperti batang pohon, ranting pohon dan dedaunan sementara membuat api hanya dengan kayu, api dan rumput/kertas/tissu. Keterampilan tersebut sangat dibutuhkan dan bisa dibilang menjadi salah satu prioritas yang harus diketahui dan dipahami oleh siswa saat mereka berkegiatan di luar atau outdoor. Keterampilan tersebut tentu 2 bekal yang perlu di ajarkan kepada siswa untuk mengantisipasi jika adanya hal-hal mendesak yang harus dilakukan dengan bahan atau alat seadanya.

Dengan memberikan materi serta contoh pembuatan bivak dan menyalakan api unggun oleh guru PIC yang dilakukan secara virtual, siswa kemudian dipersilahkan untuk membuat bivak sendiri dan menyalakan api sendiri di rumah masing-masing, dan tentunya lewat pengawasan Ayah/Bunda/pendamping yang mendampingi Ananda dalam proses pembuatan, terutama saat menyalakan api ^^
Selanjutnya, untuk merefresh siswa yang telah diberikan tugas dan praktek membuat projek bivak serta menyalakan api terdapat juga kegiatan belajar sandi kotak 1 serta menyaksikan video kepramukaan yang secara virtual.