You are currently viewing Pembelajaran Daring SD Tanah Tingal

Pembelajaran Daring SD Tanah Tingal

Catatan Kepala Sekolah SD Tanah Tingal

Kegiatan Belajar dari rumah (Daring), atau lebih dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ditetapkan dengan dikeluarkannya Surat Edaran dari pemangku kebijakan wilayah Kota Tangerang Selatan. Tujuan dari keputusan ini adalah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran/penularan Corona Virus Disease (Covid-19). Diharapkan bagi yang sehat tidak tertular dan bagi yang ternyata terkena gejala pandemi Covid-19 tidak menularkan kepada yang lain serta dapat sembuh sendiri dengan kurun waktu tertentu.

Menyikapi hal ini sebagai Kepala Sekolah tentunya berfikir bagaimana strategi atau metode yang dapat diambil dan digunakan agar proses Pembelajaran Jarak Jauh dapat berjalan sesuai harapan dan tidak menghambat hak peserta didik untuk memperoleh pembelajaran dengan baik.

Dari hasil pertemuan dengan Manajemen dan juga dewan guru maka strategi Pembelajaran Jarak Jauh di SD Tanah Tingal memanfaatkan aplikasi Google classroom. Karena sejak tahun 2017 di Sekolah sudah menggunakan aplikasi tersebut untuk kelas atas (4, 5 dan 6). Adapun kelas bawah dapat memaksimalkan aplikasi WhatsApp Group (WAG) Kelas masing-masing. Selain itu kami juga menggunakan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya, seperti zoom meeting, google meeting, google form, media video dll.

Proses Belajar Jarak Jauh dalam kurun waktu yang lama tentunya sebuah hal baru, sementara Ibu dan bapak Guru harus mempersiapkan langkah-langkah pembelajaran kreatif sehingga anak-anak mendapatkan pembelajaran yang bermakna.  

Pandemi merupakan pelajaran yang sangat berharga untuk kita semua. Mengajarkan kepada kita betapa berat mengaplikasikan kata “sabar”, baik untuk guru (sekolah), siswa maupun orang tua. Semoga pandemi di negeri ini (khususnya) dan global (umumnya) segera berlalu, sehingga kita semua dapat melakukan aktifitas secara normal Kembali. Aamiin

Catatan Kepala Sekolah SD Tanah Tingal

Catatan Wali Kelas 1 SD Tanah Tingal
Catatan Partner Wali Kelas 1 SD Tanah Tingal
Catatan Wali Kelas 2 SD Tanah Tingal
Catatan Wali Kelas 3 SD Tanah Tingal
Catatan Wali Kelas 4 SD Tanah Tingal
Catatan Wali Kelas 5 SD Tanah Tingal
Catatan Wali Kelas 6 SD Tanah Tingal
Catatan Guru PAI SD Tanah Tingal