You are currently viewing Kegiatan Perpustakaan

Kegiatan Perpustakaan

Literasi..

Literasi adalah kemampuan dalam membaca dan menulis. Dengan keadaan minat baca yang kurang di Indonesia, saat ini pemerintah sedang menggiatkan gerakan literasi terutama fokus pada anak-anak yang masih sekolah.

SD Tanah Tingal menerapkan program tersebut pada siswa-siswanya. Setiap kelas dari kelas 1 sampai kelas 6 SD seminggu sekali memiliki jadwal kunjungan perpustakaan di waktu dan hari yang berbeda. Kegiatannya pun bermacam-macam, untuk siswa kelas kecil (1, 2, dan 3) dimulai dari belajar membaca sampai perlancar membaca, mengenal huruf dan kosa kata baru yang ada di buku perpustakaan sampai menulis beberapa kata atau kalimat yang ada pada buku bacaannya. Sementara kelas besar (4, 5, dan 6) dimulai dari membaca buku kemudian menyimpulkan cerita menurut buku yang dibaca melalui tulisan yang akan dikumpulkan ke guru kelasnya masing-masing atau langsung presentasi menceritakan ulang kepada teman-temannya.

Baru-baru ini, siswa kelas 6 memiliki project membaca sebuah buku cerita seperti novel yang cocok dibaca sesuai usia mereka selama 2 minggu.

Setelah membaca buku tersebut siswa akan diminta untuk menulis disebuah kertas sesuai nama mereka, judul buku yang dibaca, nama pengarang, dan quote yang ada didalam buku tersebut. Atau bisa juga kesimpulan bagus yang dapat di ambil dari kisah dalam buku yang mereka baca. Yup, mereka melakukannya dengan semangat dan hasilnya ditempel pada mading perpustakaan sekolah.

 

       

     

 

Begitu’pun dengan siswa kelas 3, dimana mereka dapat sesukanya memilih buku favorite mereka yang ada di perpustakaan sekolah, menulis nama mereka dan judul buku yang mereka pilih. Hasilnya pun di tempel pada mading perpustakaan. Membuat siswa lain yang berkunjung ke perpustakaan menjadi minta untuk membaca buku, menyimpulkan cerita dan menulisnya.