You are currently viewing PERJUSA 2017

PERJUSA 2017

Perkemahan jumat-sabtu atau yang biasa disebut PERJUSA ini kami lakukan pada tanggal 7-8 april 2017 di sekolah tercinta kami, SD Tanah Tingal, dengan tema “ZERO LOST”. Sesuai dengan tema, dalam perkemahan tahun ini kami melatih seluruh siswa/i kami untuk bertanggung jawab atas seluruh barang-barang yang mereka bawa. Seluruh siswa diwajibkan menandai barang-barang bawaan mereka dengan nama masing2, ditempel dengan lebel ataupun ditulis dengan spidol, dimulai dari baju, alat-alat masak, perlengkapan dan kebutuhan pribadi mereka sampai plastik-plastik yang mereka bawa (sekecil apapun) semua wajib diberi nama.

Lokasi perkemahan harus sama seperti sebelum anak-anak berkemah, yaitu bersih tanpa ada sampah atau barang-barang yang tertinggal. Dengan begitu PERJUSA tahun ini, kami menanamkan sifat bertanggung jawab pada anak-anak didik kami.

100_8851 100_8856 100_9044

 

Setelah perjusa, kami memberikan pin lencana untuk ketua regu terbaik. Masing-masing pin bergambar api yang berarti mampu membuat api unggun dan menghidupkan api untuk memasak dengan menggunakan spirtus, pin bergambar tenda yang berarti mampu mendirikan tenda dengan baik dan benar, pin bergambar tangan yang sedang berjabat yang berarti bahwa ketua regu mampu mengkondisikan kelompoknya dengan baik dan kompak, serta pin dua buah segitiga yang membentuk bintang yang berarti tanda kepemimpinan. keempat pin tersebut diberikan kepada kelompok pramuka penggalang dan 2 pin kepada kelompok pramuka siaga, yaitu pin lencana bergambar api dan tangan yang berjabatan.

 

100_9383

Selamat ya untuk anak-anak pramuka kami di SD Tanah Tingal.

Tingkatkan lagi jiwa kepramukaan kalian! supaya kelak kalian memiliki jiwa kepemimpinan, jiwa korsa, jiwa kedisiplinan, jiwa kebersamaan dan jiwa pantang menyerah!

SALAM PRAMUKA!!